Langsung ke konten utama

PROPOSAL PERMOHONAN KERJA PRAKTEK ( MAGANG) PT. SUMBER MINA BAHARI

PROPOSAL
PERMOHONAN KERJA PRAKTEK ( MAGANG)
PT. SUMBER MINA BAHARI

Disusun oleh :
Dana Yuli Agustina                  26010115120016
Maya Sri Mulyani                     26010115120018
Wulandari                                26010115140094





PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN
JURUSAN PERIKANAN
FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN
UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
2016





 BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Pendidikan yang dilakukan di perguruan tinggi masih terbatas pada pemberian teori dan praktek dalam skala kecil. Hal itu tidaklah cukup jika seorang mahasiswa telah memasuki dunia kerja, karena yang didapatkan hanya teorinya saja dan praktikum yang dilakukan juga hanya sebentar (kurang lebih 2 hari 1 malam). Agar dapat memahami dan memecahkan setiap permasalahan yang muncul di dunia kerja, maka mahasiswa perlu melakukan kegiatan pelatihan kerja secara langsung di instansi/lembaga yang relevan dengan program pendidikan yang diikuti. Sehingga setelah lepas dari ikatan akademik di perguruan tinggi yang bersangkutan, mahasiswi bisa memanfaatkan ilmu dan pengalaman yang telah diperoleh selama masa pendidikan dan masa pelatihan kerja untuk menerapkannya di dunia kerja yang sebenarnya.
Salah satu program yang dapat ditempuh untuk dapat mewujudkan hal tersebut adalah dengan melaksanakan praktek kerja lapangan. Namun, karena baru menempuh semester 2 jadi mahasiswi belum bisa melaksanakan PKL (Prakter Kerja Lapangan). Sebagai penggantinya mahasiswi akan melaksanakan magang di instansi yang sesuai dengan pendidikannya. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah kerja praktek dengan mengikuti semua aktifitas di lokasi kerja. Kegiatan magang ini merupakan salah satu bentuk kegiatan pelatihan yang dihadapkan langsung pada praktek kerja sebagai pengaplikasian kemampuan pendidikan yang diperoleh mahasiswa/mahasiswi baik dari bangku perkuliahan maupun dari kegiatan lain di luar kuliah. Selain itu, mahasiswi juga dapat menambah pengetahuan, pengalaman dan wawasan di lapangan mengenai dunia kerja. Melalui kegiatan magang ini diharapkan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan serta kemampuan/keahlian baik itu hardskill maupun softskill dalam bidang perikanan.

1.2 Dasar Pemikiran
Ketika mahasiswi sudah lulus dari Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Jurusan Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, mahasiswi harus siap dengan dunia kerja yang sesungguhnya. Walaupun kami dari Program Studi Manajemen tetapi gelar Strata 1 kami adalah Sarjana Perikanan. Jadi, tidak menutup kemungkinan bahwa kami akan bekerja di bidang perikanan yang lainnya seperti pengolahan, pembudidayaan, dan penangkapan. Pada kenyataannya dalam proses perkuliahan kami,materi di bidang perikanan yang lain seperti pengolahan, pembudidayaan, dan penangkapan hanya dasar-dasarnya saja yang kami dapat dan tanpa praktikum, karena tidak ada hubungannya dalam program studinya. Padahal dalam dunia kerja yang sesungguhnya, dari manapun asalnya, mahasiswi harus selalu bersikap profesional dan selalu siap untuk memenuhi permintaan pasar. Jadi, mahasiswi harus bisa menguasai semua bidang yang berhubungan dengan perikanan. Hal itulah yang membuat kami memutuskan untuk magang di PT Sumber Mina Bahari, karena perusahaan ini bergerak dalam bidang pengolahan produk perikanan dan perusahaan ini juga memiliki standar yang tinggi. Jadi, dengan ilmu dasar pengolahan yang telah didapat di perkuliahan, kami bisa menerapkan dan sekaligus menambah ilmu serta pengalaman di dunia kerja.

1.3 Tujuan Kegiatan
Adapun tujuan dari pelaksanaan magang  di PT Sumber Mina Bahari adalah sebagai berikut :
1.3.1 Mengembangkan wawasan dan pengalaman mahasiswi dalam            melakukan pekerjaan yang  berhubunngan dengan bidang             perikanan.
1.3.2 Menanmbahketerampilan dan pengalaman kerja praktis sehingga       secara langsung dapat memecahkan permasalahan yang ada dalam kegiatan di bidangnya
1.3.3 Mahasiswa dapat melakukan dan membandingkan penerapan teori     yang diterima di jenjang akademik dengan praktek yang dilakukan     di lapangan.
1.3.4 Meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai hubungan antara     teori dan penerapannya sehingga dapat memberikan bekal bagi          mahasiswa untuk terjun ke dunia kerja.
1.3.5 Meningkatkan hubungan kerja sama yang baik antara perguruan        tinggi, pemerintah, dan perusahaan.

















BAB II PELAKSANAAN KEGIATAN

2.1 Tempat dan Waktu Kegiatan
Berdasarkan Kalender akademik Universitas Diponegoro Semester Genap tahun ajaran 2015/2016, maka pada kerja praktek ini mahasiswi mengusulkan untuk melaksanakan kerja praktek mulai tanggal 23 Juni 2016 sampai dengan 02 Juli 2016. Akan tetapi, hal ini tidak menutup kemungkinan apabila pihak PT. Sumber Mina Bahari memiliki ketentuan tersendiri mengenai waktu yang diberikan kepada kami. Namun besar harapan kami apabila PT. Sumber Mina Bahari dapat mempertimbangkan usulan tersebut.
Kerja Praktek akan dilaksanakan di :
Nama Perusahaan : PT. umber Mina Bahari

2.3  Metode Kegiatan
Bentuk magang yang akan mahasiswi lakukan adalah bentuk kerja praktek produksi pengalengan rajungan.
2.3.1 Data yang Dibutuhkan
Adapun data umum perusahaan yang dibutuhkan antara lain :
2.3.1.1 Sejarah Perusahaan
2.3.1.2 Struktur Organisasi
2.3.1.3 Job Description
2.3.1.4 Data yang berkaitan dengan kegiatan proses produksi
2.3.1.5 Data yang berkaitan dengan peralatan pabrik
2.3.2 Pelaksanaan Magang
Pelaksanaan magang ini akan dilaksanakan dengan cara:
2.3.2.1 Mengikuti semua kegiatan rutin bidang produksi dengan      jadwal kegiatan  yang telah ditentukan oleh PT. Sumber   Mina Bahari.
2.3.2.2 Mengetahui semua jenis alat yang digunakan untuk produksi dan cara penggunaanya.
2.3.2.3 Melaksanakan semua proses produksi pengalengan rajungan dari tahap awal sampai akhir.
2.3.2.4 Mempelajari semua jenis/tipe hasil produk pengalengan       rajungan di PT. Sumber Mina Bahari.
2.3.2.5 Mempelajari cara menjaga produk agar kualitasnya tetap     terjaga.
2.3.2.6 Mempelajari penanganan limbah produk olahan.
2.3.2.7 Mengetahui standar kualitas produk di pasaran.
2.3.2.8 Mengetahui pendistribusian hasil produk olahan dan            penanganan pasar.











BAB III PENUTUP
Demikian proposal ini dibuat sebenar-benarnya dengan harapan dapat memberikan gambaran singkat dan jelas tentang maksud dan tujuan diadakan magang di PT. Sumber Mina Bahari. Besar harapan kami kepada segenap pimpinan dan staf PT. Sumber Mina Bahariuntuk berkenan menyetujui proposal ini dan membimbing kami selama kerja praktek sehingga tujuan utama dalam pelaksanaan magang ini dapat tercapai. Kami sadar bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kami mohon saran dan kritik dari bapak/ibu yang berkepentingan dengan pelaksanaan magang ini sehingga kegiatan magang dapat berjalan dengan baik dan benar sesuai dengan keinginan dan peraturan-peraturan yang berlaku di perusahaan.
Demikian proposal ini kami ajukan dan atas bantuan bapak/ibu sebelumnya kami mengucapkan banyak terima kasih.


Semarang, 17 Juni 2016
Hormat kami,




Maya Sri Mulyani              Dana Yuli Agustina             Wulandari
NIM. 26010115120018     NIM. 26010115120016        NIM. 26010115140094



Komentar

  1. permisi kak... saya ingin bertanya di mana lokasi PT Sumber Mina Bahari dan apa saja proses produksi yg terdapat di sana ya? Kemudian adakah persyaratan khusus utk bisa magang/PKL di sana?
    mohon pencerahannya kak.. terimakasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. lokasi PT Sumber Mina Bahari itu di Rembang kak, lebih tepatnya desa sumber sari kecamatan kragan kabupaten rembang itu untuk pabriknya, kamu bisa searching aja di google kok untuk tempatnya
      proses produksinya itu pengalengan rajungan dan frozen tuna cakalang yang siap ekspor semua
      persyaratan khusus sih paling buat aja proposal pkl nya, soalnya pihak pt smb minta proposal, lebih baik dateng ke sana aja dulu terus nanti kalau semisal kuotanya masih ada artinya kamu bisa diterima kalau penuh y ditolak palingan
      untuk info lebih lengkapnya mengenai tempat dan produk kamu bisa searching sendiri kok di google PT Sumber Mina Bahari

      Hapus
  2. maaf mau tanya, kira2 untuk prodi MSP di PT SMB ada yang mengarah ke kualitas air tidak ya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FOOD HABIT IKAN SECARA UMUM

FOOD HABIT (KEBIASAAN MAKAN) IKAN SECARA UMUM Oleh WULANDARI  BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Ikan sebagai makhluk hidup di dalam kehidupannya membutuhkan bahan makanan sebagai sumber energi dan pemenuhan gizi yang diperlukan dalam melakukan aktifitasnya yang mencakup pertumbuhan dan perkembangaan serta reproduksi yang dilakukannya. Ikan akan mengambil makanan di perairan kemudian mencernanya dan mengubahnya menjadi energi yang akan mendukung semua aktivitas ikan. Jika terdapat kelebihan energi dari makanannya, maka energi tersebut akan berfungsi sebagai pertumbuhan dan perkembangan sel ikan. Jadi, kecukupan jumlah makanan ini sangat penting untuk ikan dalam ruang lingkup yang luas. Besarnya populasi ikan dalam suatu perairan ditentukan oleh makanan yang tersedia. Adapaun faktor-faktor yang mempengaruhi populasi akibat dari makanan yaitu, jumlah dan kualitas makanan yang tersedia (food habits), lama masa pengambilan dan cara makan ikan (feeding habits). Jadi, ke

BAB III PEMBAHASAN LAPORAN HASIL MAGANG PASTEURIZED CARB MEAT PT SUMBER MINA BAHARI

BAB III PEMBAHASAN 3.1 Jadwal Kegiatan Rutinitas PT Sumber Mina Bahari Setiap perusahaan mempunyai kebijakannya masing-masing untuk mengatur rumah tangganya secara internal maupun eksternal. Dalam setiap perusahaan juga memiliki jadwal kerja yang harus dilaksanakan setiap harinya. Proses produksi pada PT Sumber Mina Bahari dilaksanakan setiap Hari Senin sampai Sabtu dan dimulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Seandainya pada hari itu daging rajungan dari  mini plant  masih ada maka diadakan jam lembur yang jumlah jam kerjanya tidak lebih dari 7 jam kerja karyawan normal. Sebelum memulai aktivitas bekerja semua karyawan PT Sumber Mina Bahari harus absen terlebih dahulu dengan cara  scan  sidik jari. Absen inilah yang menunjukkan kehadiran dari karyawan. Ketika memasuki ruang produksi semua karyawan harus dipastikan untuk memenuhi dan mematuhi syarat pada standar GMP yang ada. Untuk memastikan hal tersebut maka sebelum masuk ruang produksi, setiap karyawan dilakukan cheker pada pin